Senin, 01 April 2013

Thermocouple

Thermocouple merupakan sensor pengukur suhu yang biasa dipakai di Industri. Cara kerja thermocouple adalah jika dua logam yang berbeda disambung pada salah satu ujungnya, maka jika sambungan tersebut dipanaskan akan terjadi beda potensial.
Beda potensial yang dihasilkan sebanding dengan panas yang diberikan. Untuk benda benda tertentu, perubahan beda potensial terhadap suhu ini sangat lilier karena itu bisa digunakan sebagai sensor suhu Ada banyak jenis bahan yang dapat digunakan sebagai thermocouple, diantaranya adalah :
Cromel/ alumel, yang biasa disebut dengan thermocouple type K. Range suhu yang dapat diukur dari -50 sampai 1200 C.
Iron/Consatnta, atau orenag sering menyebutnya dengan type J. Range suhunya antara -50 sampai 6 C.
Dua type diatas sering dipakai di industry karena harganya relatip murah. Adapun thermocouple yang biasa digunakan untuk suhu tinggi diatas 1200 C adalah Type S, R dan Type B.
Ketiga type tersebut semuanya terbuat dari bahan yang saya yaitu, Paltinum dan Rodium. Hanya prosentesai platinanya saja yang berbeda beda. Type S kandungan platinaanya 10 %. Sementara type R dan B masing masing adalah 13% dan 30 %. Biasanya thermocouple dihubungankan dengan Thercontroller sebagai display dari suhu yang dibaca. Dalam industry Thermocouple ini dipakai untuk mengontrol suhu heater atau oven dan furnace agar tetap konstan. Untuk konsultasi lebih lanjut tentang thermocouple dapat menghubungi PT Alfa Fikrindo Utama yang telah berpengalaman puluhan tahun.

0 comments:

Posting Komentar